Pemkot Makasar Hemat Listrik 40% dengan Lampu LED

Setelah diberitakan sebelumnya bahwa Pemkot DKI beralih ke jenis lampu LED, kini kota Makasar juga telah mengganti sedikitnya 3.000 lampu penerangan jalan (PJU) yang sebelumnya menggunakan jenis lampu merkuri menjadi lampu LED. Walau anggaran awalnya mencapai 1 miliar, namun pemkot makasar mengklaim bisa menghemat biaya rutin bulanan hingga 40%! Dulu menggunakan lampu merkuri dengan daya 240 watt, kini hanya menggunakan lampu LED 120 watt dengan tingkat penerangan yang lebih baik.

Rencananya, pemkot Makasar akan mengganti seluruh lampu PJU yang ada di kota tersebut, hingga anggarannya mencapai 30 miliar. Selain diperuntukkan sebagai rencana menghemat pembiayaan rutin, rencana ini juga untuk mendukung penciptaan kota makasar yang semakin ramah lingkungan. Lampu LED memang dikenal sebagai lampu hemat energi yang ramah lingkungan, karena tidak menimbulkan cahaya yang panas seperti yang sering dialami jika menggunakan lampu merkuri. Efek panas lampu tentu sangat berimplikasi pada masalah lingkungan, yaitu global warming.

Tentu saja rencana pemkot Makasar ini akan semakin terasa manfaatnya jika juga diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan. Kita juga harus mulai mengganti lampu bohlam di rumah kita dengan menggunakan jenis lampu LED. Dengan demikian secara internal hal ini bisa membantu memangkas pengeluaran bulanan kita dalam membayar tagihan PLN dan secara eksternal bisa membantu meningkatkan kualitas lingkungan yang semakin baik


Leave a Reply