Lampu LED Hemat Energi dengan Tenaga Surya

Sekarang sudah banyak lampu PJU yang menggunakan teknologi lampu LED, misalnya di Jakarta dan Makassar. Di sisi lain, pemakain tenaga surya (solar panel) untuk lampu penerangan jalan umum atau taman-taman kota juga sudah banyak. Tujuannya sebenarnya sama : agar hemat energi. Karena lampu LED hemat energi hingga 40% bahkan lebih, dengan daya terang yang lebih memadai. Bahkan diklaim lebih ramah lingkungan karena efek panas yang ditimbulkan tidak seperti lampu mercuri. Lalu bagaimana jika kemudian kedua teknologi ini digabungkan? Lampu PJU berteknologi LED dengan pembangkit tenaga surya?

Tentu saja, hal ini akan semakin membantu menciptakan lingkungan hidup yang lebih peka terhadap global warming. Teknologi lampu LED menyumbang peran dalam teknologi yang ramah lingkungan, dengan asupan listrik tanpa bayar yaitu lewat panas matahari. Walau dari sisi harga lampu LED, masih tergolong sedikit lebih mahal, tapi untuk pemakaian jangka panjang dan pertimbangan lingkungan hidup, opsi mengganti lampu-lampu PJU dengan lampu LED tenaga matahari bisa dipertimbangkan.

Jika seluruh kota menggunakan sistem lampu LED tenaga matahari untuk fasilitas umum (PJU, lampu taman dan sejenisnya), pasti akan sangat membantu menekan biaya operasional sekaligus menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik


Leave a Reply