Kertas Continuous Form : Kelengkapan Komputer Jadul yang Masih Dipakai Sampai Sekarang

Dulu sewaktu komputer masih menggunakan tipe x286 atau sejenisnya, yang masih menggunakan dos, untuk urusan printing, tidak ada pilihan lain selain printer dotmatrix. Dan di jaman yang sama, kertas continuous form mulai banyak digunakan untuk keperluan bisnis, misalnya membuat laporan keuangan, nota transaksi dan sebagainya. Kertas continuous form akrab sekali dengan jenis printer dotmatrix yang berisik, yang sampai saat ini juga masih digunakan, bahkan di bank yang sekarang sudah modern sekaligus. Disket boleh hilang, monitor boleh menipis, tapi kertas continuous yang juga dikenal dengan kertas komputer, tetap bermanfaat sampai hari ini. Bagian kanan kirinya yang berlubang memang sengaja dibuat agar kertas continuous form bisa ditarik dengan mudah menggunakan fasilitas traktor dalam tipe printer dotmatrix. Tapi ada juga kertas continuous yang tidak ada lubang pinggirnya, demikian yang dijelaskan glory anugrah sebagai toko yang jual kertas thermal di surabaya

Kini pemakaian kertas continuous form mulai memasuki fungsi yang beraneka ragam. Bahkan banyak juga yang kertas continuous form-nya sudah diberi kop, sudah masuk ke percetakan sebelumnya untuk dicustomisasi sesuai dengan label perusahaan yang menggunakan. Dari segi ukuran pun sudah beraneka ragam. Bisa untuk print di kertas struk kasir hingga karcis kereta api. Juga banyak digunakan untuk melakukan printing laporan slip gaji karyawan dan sebagainya.

Apakah teknologi continuous form akan usang suatu saat? Hanya waktu yang bisa menjawab. Problem terbesar yang sering dikomplain adalah kebisingan printer dotmatrix, walau dibanding waktu baru keluar dahulu, sekarang sudah lebih senyap dan tidak berisik. Yang pasti harga kertas jual continuous form saat ini masih stabil dikarenakan permintaanya masih sangat tinggi.


Leave a Reply