Contoh Peluang Bisnis Rumahan

Tujuan utama mengembangkan peluang bisnis rumahan adalah menekan modal dengan hasil yang tetap maksimal. Ciri khas dari peluang usaha rumahan tidak lain adalah bahwa bisnis tersebut tidak membutuhkan gerai/toko yang berada di pusat bisnis atau keramaian. Harus dibedakan antara berbisnis dari rumah dengan mempunyai bisnis di rumah. Yang pertama maksudnya bisnis tersebut dikendalikan dari rumah, atau tempat tinggal kita dijadikan sebagai kantor. Sedangkan bisnis di rumah itu bisa dalam bentuk langsung, misalnya buka toko kelontong, buka warung makan buat area sekitar, rental PS dll. Dalam artikel ini kami ingin memberi contoh bisnis yang pertama saja yaitu Bisnis yang bisa dikendalikan dari Rumah

Bisnis Jasa
Banyak bisnis jasa yang bisa dikendalikan dari rumah, jadi nggak perlu sewa toko atau ruangan niaga lagi, sehingga tergolong usaha dengan modal kecil. Misalnya saja jasa membersihkan AC. Ini bisnis yang juga nggak membutuhkan banyak keahlian. Modalnya juga tidak besar. Yang paling mahal misalnya Kompresor untuk membersihkan AC. Seluruh bisnis jasa yang sifatnya “reparasi” dan “maintenance”, bisa dilakukan tanpa kantor, atau bisa dilakukan dalam bentuk bisnis rumahan. Tinggal disesuaikan dengan kemampuan anda. Katering sebenarnya juga bisa dikategorikan ke dalam bisnis jenis ini, terutama jika kapasitasnya tidak besar.

Bisnis Online
Seluruh jenis bisnis online bisa dikategorikan bisnis rumahan, atau bisnis yang dikendalikan dari rumah. Buat para pemula, bisnis online yang gampang ditekuni tentu yang tidak perlu modal besar serta keahlian tinggi. Jadi anda bisa mengawali dengan “numpang” di bisnis online orang lain. Berikut beberapa contohnya :

  1. Bisnis Dropship : Arti gampangnya makelar produk orang lain. Jadi anda menjual lagi produk orang lain (di internet) dengan keuntungan selisih harga yang sudah anda mark up. Enaknya nggak perlu menyetok barang, karena si pemilik produk memang biasanya menyediakan program dropship. Arus bisnisnya adalah  seperti gambar di bawah ini :bisnis dropshippingSitus besar macam amazon dan ebay juga menyediakan sistem dropship. Di Indonesia banyak juga toko online yang menyediakan sistem dropship. Anda untuk menjalani bisnsi ini nggak perlu harus punya toko online. Bisa dilakukan hanya sekedar lewat facebook atau BBM.
  2. Bisnis Afiliate Marketing. Ini hampir sama dengan bisnis dropshipping. Bedanya anda dapat uang dalam bentuk KOMISI, karena sukses membantu menjualkan. (Anda tidak me-mark up harga, karena si pembeli bertransaksi langsung dengan merchan/vendor). bisnis afiliasi

Tulisan kami mengenai bisnis tahun 2013 yang lalu juga bisa dikategorikan sebagai sebuah bisnis rumahan


Leave a Reply